Minggu, 12 Februari 2012

Sentul Gelar Supersport 600cc dan GP Mono

Tiga kelas Kejurnas yakni Superbike Free For All, Supersport 600 cc, dan GP Mono 250 Road to MotoGP menjadi bagian dari seri Kejurnas Motor Sport 2009 yang akan berlangsung di Sirkuit Sentul, 28 Februari-1 Maret.

Selain tiga kelas kejurnas tersebut, masih ada lima kelas "supporting race" yaitu 250 cc 4 Tak (one make race Kawasaki Ninja 250), 150 cc 2 Tak (Ninja 150, TZM, NSR, RK King Tune Up) FFA hingga 250 cc serta one make race Ducati yang akan diikuti beberapa selebriti papan atas seperti Okan Cornelius, Gunawan, dan Adji Pangestu.

“Sesuai jadwal, Kejurnas Motor Sport akan berlangsung di Sirkuit Sentul. Untuk Supersport sudah ada sekitar 30 pembalap yang mendaftar dan untuk GP Mono sudah ada 19 pembalap yang mendaftar,” ujar Promotor Penyelenggara, A. Judiarto dari PT. Lightning Production.

Menurut A Judiarto, ajang ini jelas merupakan terobosan baru karena selama ini balap motor hanya menjadi supporting race balap mobil. Tiga kelas kejurnas plus lima supporting race akan digelar dan disiarkan langsung TV One.

Judiarto yang juga Ketua Pengprov IMI DKI mengatakan, lomba tersebut merupakan jenjang balap setelah bebek dan event itu seharusnya diketahui masyarakat luas sehingga nantinya mereka akan tahu siapa pembalap Indonesia yang akan berlaga di MotoGP.

Sementara itu, Dyan Dilato, Biro Olahraga Roda Dua (on track) PP IMI menyatakan, konsep untuk GP Mono memang dibuat berbeda, yakni setiap race motor diundi, namun fairing boleh dibranding sponsor.

“Juara seri 2009 dikirim ke GP Mono di Jepang. Namun, persyaratan peserta GP Mono dengan membayar Rp 100 juta untuk lima seri satu musim, plus satu kali bersamaan dengan seri Indoprix di Sentul, lengkap dengan ban, oli dan bensin," kata Dyan.

Sejumlah pembalap papan atas yang sudah memastikan turun di kelas Supersport 600 cc adalah Ahmad 'Adi' Jayadi yang akan turun dengan Suzuki GSX 600 K8 membela tim Suzuki Jayadi Denso, Hendriansyah (ASH Motosport), Harland Fadhilah, dan Hokky Krisdianto (Yamaha Petronas).

Adi mengaku sudah tak sabar lagi untuk tampil di lomba yang sudah digelutinya sejak 2006 itu.

Tak Cuma pembalap lokal, dipastikan sejumlah pembalap asing dari Filipina, Jepang, Thailand, dan Malaysia pun akan ambil bagian untuk menambah persaingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar