Sabtu, 11 Februari 2012

Pembalap Tim Yamaha Juara Umum





SAMARINDA. Kejuaraan balap motor garapan Big Ototrend Sapos (BOS) selalu memunculkan juara baru. Seperti event Borneo Sapos Fun Race 2012 di Sirkuit Kalan yang berakhir kemarin (22/1). Gelar juara umum disabet pembalap yang masih duduk di bangku kelas III SMK, Muhammad Heldar. Pembalap tim Yamaha SMSU FDR ini berhak membawa pulang satu unit Jupiter Z yang merupakan hadiah utama.
Meski usianya masih 17 tahun, Heldar tidak hanya membuat bangga sekolahnya dan tim, tapi juga Pemkot Samarinda dan Pemprov Kaltim.
Heldar menjadi yang tercepat pada dua kelas MP3 dan MP4, hingga akhirnya menjadi juara umum dan membawa pulang hadiah utama Piala Wali Kota Samarinda dan 1 unit Jupiter Z.
"Dari pertama kali ikut balap motor di tahun 2006 silam, saya selalu menunggangi Yamaha. Karena rangkanya yang stabil sehingga nyaman dikendarai ketika di tikungan, dan mesinnya lebih stabil," tuturnya.
Heldar menyebut tidak pernah absen dalam setiap kejuaraan open race yang digelar Samarinda Pos. Karena event ini pula, kemampuannya menjadi yang tercepat semakin berkembang setelah pernah menjadi juara umum pada even Sapos Open Race 2009 lalu. Selain kejuaraan Sapos, dia juga kerap mengikuti kejuaraan di Kaltimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.
Penobatan Muhammad Heldar sebagai juara umum setelah berhasil meraih poin maksimal di kelas MP3 dan MP4, merupakan keputusan bulat panitia lomba.
"Melalui open race salah satunya yang digelar dari Sapos ini merupakan teladan bagi para penyelenggara balap motor agar selalu rutin menggelar even. Karena telah berhasil membina para pembalap di Kaltim hingga menjadi pembalap nasional. Sudah tidak perlu diragukan lagi kalau even Sapos ini sebagai pendidikan untuk menjadi atlet," terang Panitia Lomba, Ahmad Subhan.
Bahkan menurut Subhan, Sapos sebenarnya mampu menggelar kejuaraan tingkat nasional yakni Indoprix. Namun untuk pelaksanaannya harus mendapat dukungan dari pemerintah dengan membenahi Sirkuit Kalan yang sejauh ini belum bisa memenuhi impian Kaltim menyelenggarakan even besar tersebut.
"Perlu dukungan dari Pemkot Samarinda bahkan Pemprov Kaltim membenahi sirkuit. Karena dari kegiatan race yang digelar, sebenarnya sudah sangat baik. Tersisa beberapa kekurangan di sirkuit yang menyulitkan Sapos untuk menggelar balap motor berskala nasional," ucapnya.
Ketua Panitia Rusda Norhayati menyebutkan, Borneo Sapos Fun Race kali ini bekerja sama dengan banyak sponsor. Begitu pula tahun ini, merupakan event dengan peserta mencapai 600 starter. "Meski sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, tanpa ada pembalap dari luar Kaltim, tapi acara ini tidak kalah seru," imbuhnya.
Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang yang diwakilkan Asisten I Setkot Samarinda Diwansyah, memberikan apresiasi kepada SKH Samarinda Pos yang telah sukses melihat banyaknya antusias pembalap dan penonton.
"Event ini harus terus digelar rutin setiap tahunnya. Pemkot akan terus memberikan dukungan dengan selalu mengagendakannya masuk dalam rangkaian HUT Kota Samarinda dan Pemkot Samarinda setiap awal tahun. Karena dapat menciptakan atlet-atlet balap motor yang bisa mengharumkan Kota Samarinda dan Kaltim. Ketimbang kebut-kebutan di jalan raya yang dapat meresahkan pengguna jalan lainnya," pungkasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar